Resep Cara Membuat Sempolan Enak Praktis

shares |

Resep Cara Membuat Sempolan Enak Praktis


Sempolan adalah merupakan salah satu jajanan tradisional murah meriah namun mempunyai rasa yang enak dan gurih. Jajanan sempolan ini enak banget dimakan pada saat musim hujan dan masih anget-angetnya. Proses pembuatan sempolan ini tidaklah terlalu sulit bahkan bisa dikatakan mudah (jika anda sudah terbiasa membuatnya). Bahan untuk membuatnya pun relatif sangat mudah ditemukan semisal tepung terigu, kanji, ayam dan rempah-rempah lainnya. Jika anda adalah orang yang sangat menggemari jajanan sempolan tersebut dan berniat untuk membuatnya sendiri dirumah, anda bisa mempelajari proses pembuatannya dengan mengikuti Resep Cara Membuat Sempolan berikut dibawah ini.

Resep Sempolan

Bahan Membuat Sempolan :

Bahan A :
100 gr tepung terigu
200 gr daging ayam giling
1 butir telur
175 gr tepung kanji/sagu
3 tangkai daun bawang (rajang halus)

Bahan B :
5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
Garam secukupnya
Gula secukupnya
penyedap rasa (jika suka)

Bahan C :
2 butir telur
Sedikit garam

Bahan Pelengkap :
Tusuk sate secukupnya
Cara Membuat Sempolan Praktis :
    Langkah pertama, Haluskan bahan B lalu campurkan bahan B ke dalam bahan A dan cicipi (koreksi rasanya). Jika dirasa sudah pas, segera aduk hingga bisa dibentuk.. kalau adonan dirasa kurang cair dapat tambahkan air atau mentega cair sedikit. Apabila terlalu encer bisa tambahkan tepung sagu (sesuai selera).
    Selanjutnya, Kocok bahan C. Lalu ambil adonan secukupnya dan kepal kepalkan ke tusuk sate. Kemudian Rebus air hingga mendidih. Setelah itu masukkan sempol hingga matang.
    Terakhir, Jika sempol sudah matang, segera angkat lalu tiriskan. kemudian celupkan ke kocokan telur (bahan C) dan goreng dengan takaran api sedang. Setelah terlihat setengah matang, segera celupkan kembali ke kocokan telur dan goreng lagi hingga matang. Setelah matang, angkat, tiriskan dan sajikan bersama saus tomat atau bumbu kacang agar rasanya makin maknyus :D.




Terima Kasih
sumber : http://www.masakankoki.com 
gambar : http://www.resepumiku.com

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar