Tau Asal - Usul Wortel? Yuk Simak

shares |

Sejarah Tanaman Wortel/Carrots


Wortel/carrots (Daucus carota L.) bukan tanaman asli Indonesia, berasal dari negeri yang beriklim sedang (sub-tropis) yaitu berasal dari Asia Timur Dekat dan Asia Tengah. Ditemukan tumbuh liar sekitar 6.500 tahun yang lalu. Rintisan budidaya wortel pada mulanya terjadi di daerah sekitar Laut Tengah, menyebar luas ke kawasan Eropa, Afrika, Asia dan akhirnya ke seluruh bagian dunia yang telah terkenal daerah pertaniannya.
picture from : http://www.agrowindo.com


Wortel adalah bahan makanan berwarna oranye yang mengandung vitamin A dan betakaroten. Bicara soal wortel, Teman-teman sudah tahu belum kalau warna asli wortel itu bukan oranye?
picture from : https://teknolala.wordpress.com
Ungu dan Putih

Wortel berasal dari Asia Tengah dan sudah dikenal oleh manusia sejak ribuan tahun lalu. Namun, wortel mulai dibudidayakan di Afghanistan pada abad ke-10. Saat itu, wortel tumbuh dengan warna ungu (dengan bagian tengah berwarna kuning) dan warna putih. Wortel menyebar dari Asia ke Eropa melalui Spanyol.


Seiring berjalannya waktu, wortel berwarna ungu bermutasi (mengalami perubahan) dan menghasilkan wortel lain yang berwarna merah dan hitam. Wortel putih juga mengalami mutasi (perubahan) dan menghasilkan wortel berwarna kuning dan oranye.

Wortel berwarna ungu, hitam, dan merah disebut Daucus carota atrorubens dan disebut wortel dari timur. Kalau wortel yang berwarna oranye, kuning, dan putih disebut Daucus carota sativus dan disebut wortel dari Barat.


Hanya Oranye

Pada zaman dulu, Belanda berada di bawah kekuasaan Spanyol. Namun, daerah ini berhasil mendapatkan kemerdekaannya pada abad ke-16. Semenjak merdeka, daerah ini disebut Republik Belanda. House of Oranye adalah salah satu pihak yang membantu kemerdekaan Republik Belanda.


Untuk menghargai mereka, para petani mulai menanam wortel berwarna oranye. Seiring berjalannya waktu, wortel oranye banyak ditanam, sedangkan wortel lainnya tersingkirkan. Alhasil, wortel yang menyebar dan dikenal hingga saat ini hanya wortel oranye. Padahal, wortel yang sebenarnya bukan hanya oranye.

Itulah sedikit kisah tentang warna wortel yang ternyata aslinya bukan oranye.



Terima Kasih





sumber : http://pertanian-1997.blogspot.co.id
sumber : http://bobo.grid.id



Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar